Tips menghasilkan foto hitam putih yang bagus


Berikut beberapa tips untuk menghasilkan foto hitam&putih yang bagus:

Belajar Melihat Dunia Dalam Monochrome
Kunci kesuksesan memotret dalam hitam&putih adalah membiasakan diri untuk melihat dunia dalam monochrome. Sangat penting untuk memahami bahwa tidak semua objek cocok difoto dalam mode ini. Ada beberapa tipe foto yang bergantung pada warna sebagai kunci. Fotografer b&w yang baik bisa melihat ini dan kemudian mencari objek lain yang akan tampak lebih bagus dalam hitam&putih. Saat kamu memperhatikan objekmu, coba bayangkan bagaimana ia akan tampak dalam b&w. Bayangkan apa yang harus kamu tambahkan ketika memproses foto objek tersebut. Dengan latihan yang cukup, kamu akan terbiasa melihat objek yang cocok difoto dalam b&w.
Tips untuk pengguna dSLR adalah memotret dalam format RAW (yang akan sangat membantu mempertahankan kualitas foto saat kamu mengkonversi foto berwarna ke foto hitam&putih). Atur juga kameramu agar menampilkan mode b&w di LCD sementara informasi warna yang asli tersimpan dalam file RAW-nya.

Tekstur
Bayangkan tembok sebuah bangunan tua, atau besi berkarat, atau kayu yang sudah lama terkena cuaca. Apapun yang sudah using biasanya memiliki tekstur yang bagus dan cocok untuk difoto dalam b&w. Seperti yang pernah diulas, tekstur sangat dipengaruhi oleh cahaya. Matahari saat golden hour cocok untuk memotret tekstur.

Kontras
Kita terbiasa melihat segala sesuatu dalam banyak warna. Ketika warna dipindah ke bentuk hitam&putih, mereka berubah jadi shades of grey atau rentang warna abu-abu. Warna-warna cerah menjadi highlights dan warna gelap menjadi dark tone. Perbedaan dua warna ini disebut kontras dan fotografer b&w memanfaatkan ini untuk menghasilkan foto yang bagus.

Bentuk
Adalah elemen visual yang sangat penting. Sebuah siluet akan mempertegas bentuk dari suatu benda dalam dua dimensi yang digunakan dalam foto. Tapi bentuk tiga dimensi juga bisa dimanfaatkan dalam b&w dengan mencari pencahayaan yang tepat sehingga bentuk suatu benda tampak lebar, tinggi, dan volumenya lewat bayangan.

Pencahayaan
Mode hitam&putih memberikan kebebasan pada fotografer untuk memotret dalam segala jenis pencahayaan. Meskipun cahaya terbaik masih tetap dihasilkan saat golden hour (sesaat setelah matahari terbit dan sesaat sebelum matahari terbenam) namun b&w tetap memungkinkan untuk memotret di tengah hari atau saat mendung, yang akan sulit digunakan pada foto berwarna.
Kuncinya adalah memastikan pencahayaannya cocok dengan objek yang difoto. Cahaya tengah hari, misalnya, bagus untuk foto arsitektur tapi buruk untuk potret. Hari mendung cocok untuk membuat potret, tapi tidak bagus untuk landscape.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Depth Of Field

Pencahayaan Split lighting untuk Foto portrait