5 Tips Fotografi Smartphone


1.   Jangan Memotret di tempat minim cahaya
Ini adalah tips pertama yang harus dilakukan, sebenarnya bisa saja memotret dengan menggunakan flash kamera, namun tentu hasilnya tidak akan memuaskan, bahkan sekalipun smartphone yang digunakan adalah kelas tertinggi pasti ada konsekuensi yang harus dilakukan seperti menurunkan shutter speed (yang membuat gambar rawan blur) atau menaikkan ISO (yang membuat gambar kasar). Sensor kamera smartphone sangat kecil dibandingkan dengan DSLR, sehingga tentu fotografi low-light adalah hal yang cukup sulit dilakukan.
2.   Gunakan resolusi tertinggi yang bisa digunakan
Jangan berkompromi dengan resolusi dalam fotografi smartphone, selalu gunakan resolusi tertinggi yang ditawarkan oleh smartphone. Dengan menggunakan resolusi tertinggi memastikan gambar yang dihasilkan bagus dan tajam serta memberikan keleluasaan kita dalam melakukan cropping dan editing apabila diperlukan.
3.   Nyalakan Grid di viewfinder
Grid di viewfinder akan membuat kita semakin mudah melakukan komposisi terhadap gambar yang akan diambil. Menyalakan grid memang tidak akan meningkatkan kualitas gambar, namun komposisi foto yang baik akan meningkatkan nilai foto dari segi estetika dan tentu akan menghasilkan fotografi yang bagus.
4.   Edit foto dengan aplikasi terbaik
Editing foto sudah bukan hal yang haram dalam fotografi, malah sebaliknya proses editing akan mempercantik foto untuk kemudian dapat dipamerkan ke teman-teman kita. Salah satu aplikasi terbaik untuk ediitng adalah Snapseed dari Google dan VSCO. Kedua aplikasi tersebut menyediakan berbagai macam filter yang dapat digunakan untuk mempercantik foto.
5.   Bagi kamu yang menginginkan lebih, Gunakan format RAW!
Seperti yang sudah kita tahu dari artikel Infotografi sebelumnya, format RAW ini memiliki berbagai macam keunggulan dari segi kualitas jika dibandingkan dengan format JPG. Apabila kamera smartphone kamu memungkinkan untuk melakukan ini, jangan takut untuk menggunakan mode ini untuk memaksimalkan semua potensi yang dimiliki oleh sensor kecil kamera smartphone.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengenal Depth Of Field

Pencahayaan Split lighting untuk Foto portrait

Tips menghasilkan foto hitam putih yang bagus